Manfaat Madu Dalam Islam yang Perlu Diketahui

Manfaat Madu Dalam Islam yang Perlu Diketahui

Madu adalah bahan makanan yang berasal dari lebah. Memiliki tekstur yang cair kental berwarna kuning kecokelatan. Madu mempunyai rasa yang manis disebabkan dengan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa.

Selain rasanya yang enak dan manis, madu juga mempunyai banyak sekali manfaat dalam bidang kesehatan yang jarang orang ketahui. Berikut ini kami sudah rangkum beberapa manfaat madu dalam islam yang perlu Anda ketahui. Simak baik-baik penjelasan manfaat madu di bawah ini!

1. Madu bisa mencegah penyakit berbahaya

Madu bisa menjadi obat dari berbagai penyakit. Terdapat banyak sekali manfaat madu yang tidak pernah diduga – duga. Bahkan madu juga sudah dijelaskan di dalam salah satu hadits yang berbunyi:

“Kesembuhan dari penyakit itu dengan melakukan tiga hal: berbekam, minum madu, dan dibakar dengan besi panas. Tetapi aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu.” (HR Al-Bukhari).

Beberapa penyakit dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi madu secara rutin, salah satunya adalah penyakit jantung dan juga penyakit kanker.

2. Madu dapat mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat madu selanjutnya yakni bisa mengatasi gangguan pencernaan. Penelitian terbaru mengatakan bahwa madu bisa membantu dalam mengatasi gangguan seperti bisul dan bakteri gastroenteritis yang dapat disebabkan oleh infeksi pada usus.

3. Madu bisa mencegah bakteri, iritasi dan jamur dalam tubuh

Madu bisa berguna untuk mencegah munculnya bakteri, iritasi dan jamur yang ada di tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena madu memiliki sifat yang anti terhadap bakteri, iritasi dan anti juga terhadap jamur. Inilah mengapa madu sangat dianjurkan di dalam mengobati banyak permasalahan yang ada di dalam tubuh

4. Madu mengurangi iritasi pada tenggorokan dan batuk.

Dalam sebuah penelitian menghadapkan sekitar 105 anak-anak, dibuktikan bahwa satu dosis madu soba sama efektifnya dengan dosis dekstrometorfan tunggal yang bisa mengurangi batuk pada malam hari dan membantu membiarkan tidur yang nyenyak. Bahkan anti iritasi dan antibakteri yang dimiliki oleh madu bisa mengatasi iritasi pada tenggorokan.

5. Madu bisa meningkatkan stamina

Sudah diverifikasi dengan studi modern, membuktikan bahwa madu lebih unggul dalam segi mempertahankan kadar glikogen dan bisa membantu memperbaiki waktu pemulihan daripada pemanis yang lainnya. Madu memiliki kandungan beberapa zat penting agar bisa meningkatkan stamina tubuh. Madu ini juga menjadi rahasia kuatnya stamina tubuh Rasulullah SAW.

6. Madu bisa membantu penyembuhan luka

Manfaat madu dalam Islam yang lainnya yaitu bisa membantu proses penyembuhan luka. Mengoleskan madu secara eksternal terbukti ampuh dan efektif pengobatan konvensional dengan sulfadiazin perak. Bahkan madu juga dipercaya efektif dalam penyembuhan luka bakar.

Hal ini dikarenakan adanya beberapa varietas madu mempunyai kandungan bakteri baik hingga 6 spesies lactobacillus dan 4 spesies bifidobacteria.

Walaupun demikian, madu sebaiknya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh bayi yang berusia di bawah 6 bulan. Sebab, terdapat kandungan spora Clostridium botulinum yang dapat memunculkan reaksi serius pada bayi, namun aman untuk orang dewasa.

7. Madu dapat mengontrol gula darah

Kandungan gula yang terdapat di dalam madu tidaklah sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi pasti glukosa dan fruktosa benar-benar bisa membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah.

Beberapa jenis madu mempunyai kandungan indeks hipoglikemik yang rendah, sehingga tidak dapat mempengaruhi kadar gula darah. Bahkan madu merupakan alternatif bagi penderita diabetes agar bisa memenuhi kebutuhan gula mereka.

Nah, itulah manfaat madu dalam Islam yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *