Cara Tepat Mengganti Diaper

5 Cara Tepat Mengganti Diaper dan Membersihkan Kelamin Bayi

Pemakaian diaper tidak hanya bisa memberi kemudahan bagi orang tua. Diaper juga bisa memberi kenyamanan bagi buah hati tercinta. Namun perlu diketahui bahwa produk Pampers menjadi salah satu rekomendasi diaper berkualitas yang nyaman bagi bayi. Segera beli Pampers Premium Care di toko-toko online yang memberi penawaran harga terbaik.

Menjaga Kebersihan Area Diaper

Jika Anda ingin memakaikan diaper kepada si kecil maka perlu diperhatikan faktor kebersihannya. Penggantian diaper harus dilakukan tepat waktu dan dengan cara yang benar. Berikut adalah panduan penggantian diaper serta pembersihan area kelamin bayi yang aman dan bisa dipraktikkan.

1.     Selalu Cuci Tangan Dulu

Pastikan untuk selalu cuci tangan dulu sebelum mulai melepaskan diaper si kecil. Kondisi tangan harus selalu bersih agar tidak menyebabkan infeksi bakteri pada area kelamin bayi. Cuci tangan dengan sabun lalu keringkan sebelum menyentuh diaper bayi. Setelah selesai mengganti diaper, pastikan untuk cuci tangan lagi demi menjaga kebersihan dan kesehatan.

2.     Gunakan Air Bersih

Bersihkan area kelamin bayi dengan menggunakan air bersih. Sangat disarankan untuk meminimalkan pemakaian tisu basah saat membersihkan area kelamin. Pemakaian air bersih lebih diutamakan dan tidak perlu menggunakan sabun untuk membersihkan bagian vital bayi. Cukup basuh saja dengan air karena pemakaian sabun bisa meninggalkan rasa perih dan memicu iritasi.

3.     Keringkan dengan Sempurna

Pastikan untuk selalu mengeringkan pantat bayi setelah dibasuh. Keringkan dengan sempurna sebelum memakaikan diaper baru. Perhatikan juga jenis diaper yang dipakai, pilih produk yang bisa menjaga pantat bayi tetap kering seperti produk Pampers. Beli Pampers Premium Care secara online karena biasanya harga yang ditawarkan lebih terjangkau.

4.     Basuh dari Depan

Ingat untuk selalu membasuh kelamin bayi dari arah depan. Jika dilakukan dari arah  sebaliknya maka bakteri bisa menyebar ke area kelamin dan menyebabkan infeksi. Basuh beberapa kali hingga dirasa area kelamin telah bersih dari kotoran. Khusus untuk bayi yang belum bisa dibasuh secara langsung maka bisa memakai waslap. Usapkan waslap yang dibasahi air hangat dari area depan ke belakang.

5.     Tidak Perlu Menggosok

Saat mengganti diaper dan membersihkan area kelamin bayi, Anda tidak perlu menggosok. Hindari menggosok area pantat dan kelamin untuk memastikannya bersih. Jauh lebih disarankan untuk membasuh saja dengan air. Jika ingin menghilangkan kotoran secara total maka bisa diusap saja tanpa perlu menggosok. Gerakan menggosok justru bisa meninggalkan rasa nyeri dan iritasi.

Itulah tadi cara tepat mengganti diaper dan membersihkan area kelamin si kecil. Bayi memang memiliki kulit yang sangat sensitif. Jadi pastikan untuk menjaga kebersihan tubuh bayi sebaik mungkin. Temukan beragam produk diaper dan perawatan kebersihan tubuh bayi di toko online perlengkapan bayi yang menawarkan harga paling bersahabat.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *